Info Sekolah
Rabu, 22 Mei 3529
  • Seluruh keluarga besar MAN 2 Hulu Sungai Selatan Mengucapkan "SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin....!!!
  • Seluruh keluarga besar MAN 2 Hulu Sungai Selatan Mengucapkan "SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin....!!!
11 Februari 2024

Alasan Yang Bisa Bikin Bangga Jadi Seorang Guru

Ming, 11 Februari 2024 Dibaca 98x

Ada banyak profesi yang bisa dicapai dan diinginkan oleh setiap orang ketika duduk di bangku sekolah. Salah satunya adalah profesi di bidang pendidikan, seperti guru, “akar dari beragam profesi.”

Bagi kamu yang haus untuk belajar, suka berinteraksi dengan orang lain dan ikhlas dalam berbagi, pekerjaan ini cocok karena akan berhadapan dengan luasnya pengetahuan dan lahan pembelajaran ketika menghadapi murid.

Menjadi guru juga harus memiliki tekad kuat karena pekerjaan ini tidak dinilai dari gaji yang didapatkan, namun kualitas pembelajaran yang diberikan. Keikhlasan dari kalian untuk berbagi ilmu pengetahuan, mendidik anak-anak yang bahkan tidak kalian kenal sebelumnya, hingga membantu mereka mencapai apa yang mereka cita-citakan.

Nah, buat kamu yang tertarik memiliki profesi menjadi guru, berikut beberapa alasan yang dapat membuat kalian bangga dilansir dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan Wawasan dan Selalu Belajar

Bagi seorang guru, mengajar adalah kebahagiaan sedangkan belajar adalah kebutuhan. Ketika seorang guru mengajarkan sesuatu kepada muridnya, di situ guru juga akan turut serta belajar. Guru bukan hanya seorang yang menguasai bidang tapi seorang yang tak pernah berhenti belajar.

Hal ini akan meningkatkan wawasan sekaligus pemahaman tentang berbagai hal. Termasuk wawasan belajar dari banyak murid karena guru yang baik adalah guru yang tidak membatasi diri, dari mana ilmu itu datang.

2. Pekerjaan Tidak Monoton

Menjadi guru bukan hanya berdiri di depan kelas atau menjelaskan sesuatu hal kepada murid. Lebih jauh lagi guru menciptakan ruang kelas yang aktif dan kreatif dengan berbagai kegiatan baik di dalam ruangan atau luar ruangan. Bukannya mengedepankan ego pribadi dengan memaksa siswa untuk mengikuti kemamuannya, Ia diwajibkan untuk mampu membaca situasi yang diinginkan oleh setiap siswanya, hingga pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dapat terwujud dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif.

Hal itu tidak akan pernah jika seorang guru berhenti menjelajah ke dalam ruang pembelajaran imajinasinya untuk menciptakan kegiatan yang inovatif sehingga tidak membosankan.

3. Berperan Penting bagi Masa Depan Orang Lain

Menjadi guru, maka akan dianggap menjadi sosok yang ditiru, juga jadi panutan. Guru adalah pengganti orang tua siswa di sekolah, dimana ia tidak hanya dituntut untuk mengajari siswa-siswanya mengenai mata pelajaran yang diampunya, namun juga mencontohkan prilaku hidup yang baik.

Tanpa disadari, sekecil apapun hal yang kamu bagikan, bisa berarti sangat besar dan menggiring siswamu pada kesuksesan.

4. Jam Kerja Bisa Fleksibel

Menjadi guru tidak melulu soal sekolah, tapi tetap bisa seimbang dengan kehidupan keluarga. Hal ini cenderung berbeda dengan pekerjaan kantoran yang sulit mencari waktu luang di hari kerja.

Jam kerja guru di sekolah memiliki waktu yang lebih singkat. Terlebih kalau guru privat, kamu bisa tentukan sendiri jamnya. Selain itu, tambahan waktu libur bagi seorang guru relatif lebih banyak dan panjang dibandingkan dengan pekerjaan apapun yang ada. Hal ini berarti, kamu tetap bisa mengajar secara produktif, sekaligus membagi waktu dengan keluargamu dengan lebih proporsional.

5. Libur Lebih Panjang

Seperti yang sudah admin sampaikan pada poin ke-4, poin kelima ini dapat terjadi karena biasanya jam mengajar guru di sekolah akan mengikuti jadwal belajar murid.

Liburan yang dimaksud seperti libur semester dan kenaikan kelas, meskipun di sela waktu tersebut guru wajib mempersiapkan materi dan kurikulum semester atau tahun ajaran baru, namun di luar itu, guru masih bisa mengatur waktu untuk berlibur dan tenangkan pikiran.

6. Melatih Kesabaran

Menjadi guru dibutuhkan tekad yang kuat dan keinginan untuk terus belajar. Terutama saat menghadapi berbagai macam murid dengan berbagai karakter yang berbeda. Kita ketahui bahwa setiap orang memiliki sifat yang berbeda satu dengan yang lainnya. Tidak semua siswa di sekolah adalah siswa yang penurut, akan selalu ada trouble maker di setiap kelas yang diajarnya. Disinilah hal yang menyenangkan dan mulianya dalam menjadi seorang guru, ia akan tetap dengan sabar mendidik dan mengajari anak tersebut hingga mencapai potensi terbaiknya dengan mengesampingkan kemarahannya dan mengedepankan profesionalitas melalui peningkatan kesabaran dalam dirinya.

Guru tidak akan berhenti belajar terhadap muridnya karena kesabaran itu tidak ada batasnya, melainkan bisa dilatih olehnya.

7. Hiburan

Seringkali tingkah dan perkataan siswa khususnya TK dan SD bahkan siswa di sekolah menengah sekalipun, terkadang menunjukkan sikap yang polos. Siswa juga tidak akan segan mengungkapkan isi hati mereka yang biasanya dapat membuat hati terenyuh. Mereka tidak akan malu menunjukkan rasa sayang kepada guru.

8. Menyalurkan Kecintaan pada Anak

Menjadi guru tentunya bisa menyalurkan kecintaan kamu dengan mendampingi, mengajarkan nilai akademis-non akademis, dan moral pada anak-anak.

Dengan begitu, akan lebih santai menjalani pekerjaan guru karena kamu suka apa yang ada di dalamnya. Dengan menyukai apa yang kamu kerjakan, kamu tidak akan merasa seperti sedang bekerja. Hal ini akan dapat membuatmu lebih bahagia dan awet muda.

Dikutip dari: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5827143/8-alasan-yang-bisa-bikin-diri-bangga-jadi-seorang-guru

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar