Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • Seluruh keluarga besar MAN 2 Hulu Sungai Selatan Mengucapkan "SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1445 H.
  • Seluruh keluarga besar MAN 2 Hulu Sungai Selatan Mengucapkan "SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1445 H.
23 Maret 2024

Penceramah: Hindari Perbuatan Yang Bisa Membatalkan Puasa

Sab, 23 Maret 2024 Dibaca 62x Berita / ceramah agama / Kemenag HSS / Ramadhan / Ta'mir Ramadhan / Tausiyah

Kandangan (MAN 2 HSS) – Usai melaksanakan shalat isya dan tarawih berjama’ah di mushalla Al-Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan (KanKemenag HSS) pada malam kesebelas, peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Hulu Sungai Selatan (HSS) mendengarkan tausiyah yang dibawakan oleh H. Muhammad Rafi’i, S.Ag. dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kandangan tentang Perbuatan Yang Bisa Membatalkan Puasa, Jumat (22/03/24).

Muhammad Rafi’i selaku penceramah mengatakan bahwa ada banyak sekali hal-hal yang kita lalui tiap harinya, termasuk pada saat puasa ini, ada hal yang baik dan ada yang buruk. “Tiap hari kita selalu melalui hal-hal yang baik dan buruk, serta pada saat bulan ramadhan ini pun juga ada kita melalui hal-hal baik dan buruk,” ungkap Rafi’i saat membuka tausiyah.

Rafi’i melanjutkan selama bulan Ramadhan alangkah baiknya memperbanyak tadarus Al-Qur’an, mendengarkan tausiyah, atau hal lainnya yang bisa memperbanyak pahala amal ibadah selama bulan puasa. “Alangkah baiknya kita perbanyak tadarus Al-Qur’an, mendengarkan ceramah dan lain-lain yang bisa memperbanyak pahala kita,” ucap Rafi’i.

Dan Rafi’i mengatakan agar menghindari hal yang bisa mengurangi amal ibadah atau membatalkan puasa kita. “Kita sudah bersusah payah menahan dahaga dan lapar dari imsak hingga berbuka, maka dari itu agar ibadah puasa kita tidak sia-sia, mari kita menghindari hal-hal yang bisa membatalkan puasa,” kata Rafi’i kepada peserta didik MAN 2 HSS.

Rafi’i memperjelas hal-hal yang bisa mengurangi dan membatalkan puasa diantaranya adalah berdusta, mengghibah, adu domba, makan dan minum secara sengaja, dan muntah. “Ada beberapa hal yang bisa mengurangi dan membatalkan ibadah puasa kita, yaitu berdusta, mengghibah, adu domba, makan minum, dan muntah,” jelas Rafi’i.

Diakhir tausiyahnya, Rafi’i berharap apa yang disampaikan olehnya mudahan bisa bermanfaat bagi dirinya dan orang lain, serta menghindari hal-hal yang bisa mambatalkan puasa. “Semoga apa yang saya sampaikan pada malam ini bisa menjadi penerang bagi kita semua agar bisa menjaga diri dan menghindari dari hal-hal yang bisa menyebabkan berkurang dan batalnya ibadah puasa,” harap Rafi’i.

Tampak hadir para tausiyah tersebut Kasubbag TU KanKemenag HSS, Kasi Bimas, Kasi Penmad, karyawan KanKemenag HSS, Kamad MN 2 HSS, serta para peserta didik, dan guru damping dari MAN 2 HSS.

Penulis: Aziz Rahman

Foto: Aziz Rahman

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar