Info Sekolah
Minggu, 14 Jul 2024
  • Seluruh keluarga besar MAN 2 Hulu Sungai Selatan Mengucapkan "SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1445 H.
  • Seluruh keluarga besar MAN 2 Hulu Sungai Selatan Mengucapkan "SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1445 H.
12 Februari 2024

KISI-KISI SOAL ASESMEN MADRASAH TAHUN 2024 TAHUN PELAJARAN 2023 – 2024

Sen, 12 Februari 2024 Dibaca 6642x Berita

Kisi-Kisi Soal Asesmen Madrasah (AM) Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 disampikan melalui Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor B-91.6/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2024 tentang Kisi-Kisi Asesmen Madrasah Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2023/2024.

Isi Surat Edaran Dirjen Pendis tentang Kisi-Kisi Asesmen Madrasah Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024, menyatkan bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan asesmen sumatif pada akhir jenjang pendidikan di madrasah dalam bentuk Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2023/2024, Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah menyiapkan Kisi-Kisi Asesmen Madrasah khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab sebagaimana terlampir.

Dalam Surat Edaran Dirjen Pendis tentang Kisi-Kisi Soal Asesmen Madrasah Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 disampaikan hal-hal sebagai berikut;

  1. Kisi-Kisi AM mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab sebagaimana terlampir disusun berdasarkan KMA 183 Tahun 2019 dan KMA 347 Tahun 2022;
  2. Kisi-Kisi AM mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab dijadikan pedoman Guru dalam menyusun naskah soal AM mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada jenjang MI, MTs dan MA/MAK;
  3. Naskah soal AM tidak boleh mengandung unsur SARA, politik praktis, provokatif, pornografi, kekerasan, bertentangan dengan Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, dan;
  4. Jumlah soal AM ditetapkan oleh masing-masing madrasah sesuai proporsi yang diperlukan untuk mengukur kompetensi siswa.

Berdasarkan POS Asesmen Madrasah Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024, Kegiatan asesmen pembelajaran di madrasah meliputi; 1) Asesmen formatif yaitu asesmen/penilaian yang dilakukan untuk melihat perkembangan dan kemajuan keberhasilan proses pembelajaran; 2) Asesmen sumatif yaitu
asesmen/penilaian hasil belajar untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik. Asesmen sumatif dapat dilakukan pada akhir pembelaran dalam kurun waktu tertentu, semester dan/atau pada akhir jenjang pendidikan. Asemen sumatif yang dilakukan pada akhir jenjang pendidikan madrasah disebut
Asesmen Madrasah (AM). Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Asesmen Madrasah (AM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. Asesmen Madrasah (AM) diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur
pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

Asesmen Madrasah bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pendidikan sesuai standar kompetensi lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Fungsi Asesmen Madrasah adalah: a) Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik; b) Umpan balik untuk perbaikan
pembelajaran pada madrasah c) Salah satu syarat penentuan kelulusan. Bentuk Asesmen pada jenjang MI, MTs, MA, dan MAK dapat berupa: a) tes tertulis, terdiri dari: Pilihan ganda; Pilihan ganda kompleks; Benar Salah; Setuju tidak setuju; Menjodohkan; Isian dan Uraian (Guru dapat memilih minimal 3 bentuk soal tertulis di atas); b) praktik, c) portofolio, d) penugasan, dan/atau e) bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah. Madrasah dapat memilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk asesmen sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur.

Ditegaskan dalam POS Asesmen Madrasah Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 bahwa Kisi-kisi Asesmen Madrasah atau AM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama Pusat. Untuk Kisi-Kisi Soal Asesmen Madrasah Tahun 2024 Tahun Pelajaran
2023/2024 terlampir dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor B91.6/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2024 tentang Kisi-Kisi Asesmen Madrasah Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2023/2024 yang dapat didownload melalui link yang tersedia di bawah ini.

Sedangkan Kisi-kisi Asesmen Madrasah (AM) mata pelajaran lain disusun oleh guru kelas dan/atau guru mata pelajaran yang ditetapkan oleh kepala madrasah. Penyusunan kisi-kisi Asesmen Madrasah (AM) harus mengacu pada kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.

Link download Naskah lengkap Kisi-Kisi Soal Asesmen Madrasah Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 (DISINI)
Demikian informasi tentang Kisi-Kisi Soal Asesmen Madrasah Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023-2024. Semoga ada manfaatnya dan terimakasih.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar